Contoh Dan Penggunaan Tanda Tangan Elektronik

See the source image

Saat ini, kita dapat menemukan contoh penggunaan tanda tangan elektronik di semua jenis sektor dan industri. Jenis solusi ini tidak eksklusif untuk administrasi publik. Sebaliknya, tanda tangan elektronik saat ini sedang diimplementasikan secara progresif di sektor swasta.

Dalam artikel ini, Anda akan menemukan berbagai kasus penggunaan teknologi ini dalam praktiknya, serta ringkasan keunggulan utamanya dibandingkan tanda tangan tulisan tangan yang lebih tradisional.

Apa itu tanda tangan elektronik?

Sebelum meluncurkan contoh tanda tangan elektronik, akan sangat membantu untuk memulai dengan definisi dasar. Secara sederhana, kita dapat mengatakan bahwa tanda tangan elektronik adalah sistem identifikasi dan persetujuan, menggantikan tanda tangan tulisan tangan di dunia digital .

Menurut Peraturan ini, kami mengacu pada tanda tangan elektronik ketika “Data elektronik dilampirkan ke data elektronik lain atau secara logis terkait dengannya, digunakan oleh penandatangan untuk membuat tanda tangan.”

Oleh karena itu, tanda tangan elektronik setidaknya dalam beberapa bentuknya:

Dengan tegas mengidentifikasi penandatangan.

Menjamin integritas dokumen – memastikan bahwa dokumen tersebut tidak dimodifikasi atau diubah setelah ditandatangani.

Menjamin non-repudiasi karena merupakan bukti yang dapat diandalkan dari persetujuan yang diberikan oleh penandatangan, yang tidak dapat menyangkal telah menandatangani dokumen yang bersangkutan.

Contoh tanda tangan elektronik

Tanda tangan elektronik tidak harus beradaptasi dengan satu format. Sebaliknya, mereka dapat diimplementasikan dengan cara yang berbeda , masing-masing dengan karakteristiknya sendiri. Oleh karena itu, kita dapat mengutip contoh-contoh berikut dari penggunaan umum tanda tangan elektronik saat ini:

Sertifikat digital yang dikeluarkan oleh otoritas sertifikat.

Token. Meskipun dianggap sebagai contoh tanda tangan digital, saat ini tidak banyak digunakan dan terutama ada di sektor perbankan.

Identifikasi dan penandatanganan menggunakan data biometrik.

Otentikasi nama pengguna dan kata sandi (dalam satu atau dua langkah).

Tanda tangan digital tulisan tangan.

Seperti disebutkan sebelumnya, setiap contoh tanda tangan elektronik memiliki karakteristiknya sendiri yang bergantung pada pengoperasian, keandalan, dan validitas hukum .

Dalam hal ini, kami biasanya membedakan antara yang berikut:

Tanda tangan elektronik sederhana . Tipe ini memiliki tingkat keamanan paling rendah. Ini terdiri dari asosiasi sederhana data elektronik, seperti  login  menggunakan nama pengguna dan kata sandi. Contoh lain adalah memindai dokumen kertas bertanda tangan dan mengirimkannya melalui email.

Tanda tangan elektronik canggih . Dalam hal ini, tingkat keamanannya jauh lebih tinggi. Dengan demikian, jenis tanda tangan elektronik ini:

  • Memungkinkan identifikasi yang tegas dari penandatangan.
  • Secara unik terkait dengan penandatangan.
  • Memungkinkan penandatangan untuk mempertahankan kendali.
  • Ditautkan ke dokumen yang ditandatangani sedemikian rupa sehingga setiap modifikasi selanjutnya dapat dideteksi.

Akhirnya, kami memiliki tanda tangan elektronik yang memenuhi syarat . Dari ketiganya, ia memiliki tingkat keamanan tertinggi. Demikian halnya dengan kartu kriptografi yang berisi sertifikat digital. Dengan demikian, ini adalah tanda tangan elektronik canggih dengan dua karakteristik tambahan berikut:

  • Itu telah dihasilkan oleh perangkat pembuat tanda tangan elektronik yang memenuhi syarat.
  • Ini didasarkan pada sertifikat tanda tangan elektronik yang memenuhi syarat.
  • Aplikasi dan kasus penggunaan tanda tangan elektronik

Saat ini, banyak contoh aplikasi praktis dari tanda tangan elektronik ada. Kami dapat menyebutkan contoh-contoh berikut, untuk menyebutkan beberapa:

Penggunaan tanda tangan elektronik untuk semua jenis kontrak . Misalnya, di bidang tenaga kerja, komersial atau administrasi, antara lain.

Untuk memverifikasi penerimaan dokumen oleh penerima akhir mereka . Dalam hal ini, identifikasi tegas dari penandatangan yang disediakan oleh solusi tanda tangan elektronik canggih atau berkualitas diperlukan.

Untuk melaksanakan segala macam prosedur administrasi publik , seperti:

  • Di bidang fiskal, penyajian deklarasi atau pembayaran pajak dan biaya. Tanpa ragu, ini adalah salah satu contoh tanda tangan elektronik yang paling terkenal dan paling banyak digunakan.
  • Mendaftar dalam ujian kompetitif atau jenis proses seleksi lainnya untuk pekerjaan di sektor publik.
  • Konsultasikan catatan administrasi.
  • Berpartisipasi dalam penawaran untuk kontrak publik.
  • Kirim semua jenis permintaan melalui catatan elektronik publik.
  • Publikasikan di surat kabar resmi.
  • Ajukan akun tahunan bisnis dengan Commercial Registry.
  • Membuat janji dengan berbagai layanan publik, seperti kesehatan, pajak, Jamsostek, Polisi, dll.

Itulah informasi seputar Contoh Dan Penggunaan Tanda Tangan Elektronik, Semoga apa yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat untuk anda semua.